Selasa, 10 Maret 2009

obAT OBaTaN

NaRKoTIkA
Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintesis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran,hilangnya rasa,mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeridan dapat menimbulkan ketergantungan.
DaMPaK mEDiS PeNYalAHguNAAn NaPZa
Sejak dekade 1960-an banyak remaja dan mereka yang tergolong usia dewasa muda menderita gangguan,penggunaan zat,bahan atau psikoaktif dan jumlah berlebihan.
Gangguan penggunaan zat adalah suatu gangguan jiwa berupa penyimpanan perilaku yang berhubungan dengan pemakaian zat yang dapat mempengaruhi susunan syaraf pusat secara kurang lebih teratur sehingga menimbulkan gangguan fungsi sosial.
Gangguan penggunaan zat dibedakan menjadi:

  1. Penyalahgunaan zat merupakan suatu pola penggunaan zat yang bersifat patologik,paling sdedikit satu bulan lamanya sehingga menimbulkan gangguan fungsi sosial atau okupasional.
  2. Ketergantungan zat merupakan suatui bentuk gangguan penggunaan zat yang umumnya lebih berat terdapat ketergantungan fisik yang ditandai dengan adanya toleransi atau sindroma putus zat.

Gangguan penggunaan zat,terutama yang berat seringkalimmenimbulkan komplikasi medik,Komlikasi medik akibat gangguan penggunaan zat dapat disebabkan beberapa hal:

  1. Komplikasi medik akibat zat itu sendiri
  2. Komplikasi medik akibat bahan campuran atau bahan pelarut sering terjadi pada pemakaian parenterol(alkohol,Warna)
  3. Komplikasi medik akibat cara pemakaian atau bahan yang tidak steril(Jarum Suntik)
  4. Komplikasi medik akibat tindakan pertolongan yang salah.Misalnya pada keadaan intoksikasi berat dimana pasien tidak sadar keluarga pasien atau kawan mencoba menolong dengan memberikan minuman kopi,susu atau minuman lain yang dapat menyebabkan terjadinya penumenia,aspirasi karena masuknya minuman tersebut kedalam paru.
  5. Komplikasi medik akibat langsung dari zat yang dipakai Misal alkohol pada dinding usus.
  6. Komplikasi medik sebagai akibat cara hidup pasien dengan gangguan zat(Begadang).

Selain komplikasi medik,gangguan penggunaan zat dapat memberikan akibat yaitu:

  1. Akibat pada kehidupan mental emosional
  2. Akibat pada kehidupan sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar